Televisi dan Perilaku Anak Remaja

0

Televisi dan Perilaku Anak Remaja, membahas tentang perkembangan media elektronik, khususnya televisi yang banyak digandrungi oleh anak-anak atau remaja. Media tersebut bukanlah media hiburan semata, melainkan mempunyai daya efektivitas akan perkembangan dan perilaku anak. Jika tanyangan televisi mengarah pada hal-hal positif, maka dapat mempengaruhi perilaku anak ke arah yang positif pula, begitu pula sebaliknya.

Karena itu, penulis buku ini, Achmad Zamzam, mengulas bagaimana seharusnya media televisa. Disadari atau tidak, dalam perkembangannya, kontrol terhadap tayangan televisi seakan minim dalam mempertimbangkan efek negatif terhadap perkembangan anak (yang menontonya), seperti tanyangan-tayangan kekerasan, pornografi, dan lain sebagainya.

Terkait dengan hal itu, komisi penyiaran Indonesia (KPI), perlu kiranya memerhatikan fenomena tersebut. Selain KPI, segenap orangtua dan masyarakat juga perlu memiliki kesadaran atas pengaruh tayangan televisi. Dengan demikian, anak atau kaum remaja tidak bebas menonton televisi kapan saja, termasuk diwaktu tertenju pada jadwal tayangan (senetron) yang kurang mendidik.

Balas Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here